Cidera Tulang Punggung

Posted: 10 November 2009 in Kesehatan

Kekuatan kelompok otot antagonis yang mengelilingi tulang belakang harus seimbang. Kelemahan pada satu otot seringkali menyebabkan ketidaksimetrisan rangka. Bentuk tubuh “yang tidak normal” akan memberikan ketegangan yang berlebihan pada ikatan sendi pendukung dan dapat menyebabkan gangguan permanen. Meskipun tulang belakang dapat menyerap tenaga yang besar, namun tulang belakang juga rentan terhadap cidera. Cidera tulang belakang harus ditangani sangat hati-hati karena terletak dalam ikatan spina (spinosus). Penyebab utama cidera olahraga pada tulang belakang dikarenakan penyerapan tenaga dari berbagai arah yang besar.

Kerusakan pada tulang belakang dapat juga disebabkan kurang jelasnya situasi olahraga. Contoh pada pesenam remaja putri yang biasa melakukan lekukan pinggang yang berlebihan, ini mengakibatkan otot perut antagonis tidak berkembang, sedangkan otot punggung terus berkembang. Lekuan pinggang yang berlebihan seperti itu dapat menyebabkan masalahdalam kehidupan selanjutnya. Demikian pula pada bentuk latihan sederhana, bila dilakukan dengan cara yang tidak benar secara mekanis dapat menyebabkan pinggang mengalami ketegangan yang berlebihan. Sit-up dengan kaki lurus, mengangkat kaki, dan papan beban dengan kaki di lantai adalah contoh-contoh latihan yang dapat meinmbulkan pembengkokan yang berlebihan dan penegangan punggung bagian bawah.

Nyeri punggung sering terjadi pada atlet, ini terjadi karena mengalami cidera pada processi spinosi vertebrae atau akibat melakukan gerakan yang mendadak pada posisi yang tidak menguntungkan.

Nyeri otot pada non-atlet disebabkan karena otot-otot punggung yang kurang terlatih lalu melakukan kerja atau aktifitas fisik yang berat dalam kondisi yang tidak menguntungkan, seperti sambil membungkukkan ke depan untuk waktu yang lama.

Tekanan di dalam discus berbeda, tergantung pada posisi badan atau gaya yang berasal dari luar. Posisi yang paling baik adalah mengusahakan agar tekanan pada vertebrae lumbales sesedikit mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s