LANGKAH 2. MENDRIBBLE, MELINDUNGI DAN MENTACKLE

Posted: 22 Februari 2012 in Sepak Bola

Seringkali anda mendengar perkataan pelatih yang berkata, “jangan digiring, jangan individual!”. Dribble (giring) yang berlebihan pada waktu yang tidak tepat dapat menghancurkan kerjasama tim untuk menciptakan peluang mencetak gol. Sebaliknya, keterampilan menggiring bola yang digunakan dalam situasi yang tepat dapat merusakkan pertahanan lawan.

Menggiring bola memiliki fungsi yang memungkinkan anda untuk mempertahankan bola saat berlari melintasi lawan atau maju ke ruang yang terbuka. Anda dapat menggunakan berbagai bagian kaki (inside, outside, instep ataupun telapak kaki) untuk mengontrol bola sambil terus menggiring. Beberapa orang menganggap menggiring bola adalah sebagai seni daripada keterampilan.anda dapat mengembangkan gaya anda sendiri menggunakan teknik yang anda inginkan, selama tetap dengan tujuan utama mengalahkan lawan sambil tetap menguasai bola.
Jangan lakukan dribble di sepertiga daerah pertahanan di dekat gawang sendiri. Jika bola lepas di daerah tersebut, lawan dengan mudah mencetak gol. Namun anda dapat menggunakan keuntungan dari dribble di sepertiga daerah penyerangan di dekat gawang lawan. Jika berhasil melewati lawan, mungkin anda dapat memiliki peluang untuk mencetak gol.
Keterampilan melindungi bola sering digunakan berkaitan dengan mendribble bola untuk melindungi bola agar tidak direbut oleh lawan. Lindungilah bola dengan cara menempatkan tubuh anda di antara bola dan lawan yang berusaha merebutnya.
Istilah tackle dalam sepak bola memiliki arti yang berbeda dengan football Amerika. Dalam sepak bola anda mentackle bola, bukan lawan anda. Ada tiga teknik-block tackle, poke tackel dan slide tackle-digunakan tergantung pada situasi. Keterampilan mentackle digunakan dalam pertahanan untuk mencuri bola dari penguasaan lawan.

A. Menggiring Bola
Komponen dribble yang baik mencakup perubahan kecepatan dan arah yang mendadak, gerakan tipuan tubuh dan kaki, dan kontrol bola yang rapat. Apapun tipe yang anda gunakan dalam mendribble, pastikan anda menggunakan komponen ini dalam teknik anda.

Menggiring Bola dengan Kontrol yang Rapat
Anda harus terus mengontrol bola dengan rapat dalam situasi di mana lawan-lawan memenuhi ruang gerak anda. Bayangkan bola terikat oleh benang pendek dengn jari kaki anda. Bola tidak boleh bergerak lebih jauh dari jarak benang tersebut. Lakukan beberapa perubahan kecepatan dan arah yang cepat disertai dengan gerak tipu tubuh dan kaki terhadap lawan yang tidak seimbang dan ciptakan ruang tambahan untuk menggiring dan melakukan manuver dengan bola. Kunci keberhasilalan:

  1. Tekuk lutut, badan dirundukkan dengan memusatkan gravitasi rendah dan tempatkan posisi tubuh di atas bola
  2. Fokuskan perhatian pada bola, gunakan gerak tipu tubuh dan kaki serta kontrol bola dengan bagian kaki yang tepat
  3. Gantilah kecepatan, arah atau keduanya untuk mengecoh lawan
  4. Pertahankan kontrol bola yang rapat, bergerak menjauhi lawan setelah bola melewati lawan
  5. Lihatlah ke depan dan perhatikan lapangan sekitar anda

 

Menggiring Bola dengan Cepat
Dalam beberapa situasi anda tidak perlu melakukan dribble bola dengan kontrol yang rapat. Misal dalam situasi anda berada di dalam ruang yang terbuka atau anda mendapati tempat yang menguntungkan di belakang pertahanan lawan. Dalam situasi tersebut anda harus mampu mendribble dengan kecepatan penuh. Jangan biarkan bola rapat dengan kaki anda, sebaliknya dorong bola beberapa kaki di depan anda ke arah ruang yang terbuka, berlari dengan cepat ke arah bola tersebut dan kemudian mendorongnya kembali. Kunci keberhasilan:

  1. Posisikan postur tubuh tegak dan bola selalu di dekat kaki anda serta dengan kepala yang tegak untuk melihat sekitar lapangan dengan baik
  2. Fokuskan perhatian pada bola, tendang bola dengan permukaan instep atau outside instep sepenuhnya
  3. Dorong bola ke depan beberapa kaki
  4. Kepala tegak untuk melihat lapangan dengan baik dan bergerak mendekati bola
  5. Dorong lagi bola ke depan dan dekati bola

Komentar
  1. qu suka dgn isi ringkasan ini

  2. Terimakasih ya sudah dibuatkan ringkasanya gan. sukses selalu

Tinggalkan komentar