C. Mentackle

Posted: 25 Februari 2012 in Sepak Bola

Tim anda tidak akan dapat mencetak gol apabila bola dikuasai oleh lawan. Salah satu metode untuk menguasai bola adalah dengan merebut bola dari penguasaan lawan. Teknik yang dapat digunakan adalah tackle, ada tiga teknik dasar tackle: block tackle, poke tackle dan slide tackle. Pelaksanaan yang sukses membutuhkan teknik yang sempurna, waktu yang tepat, penilaian yang baik dan percaya diri.

Block Tackle

Gunakan block tackle jika lawan menggiring bola langsung ke arah anda. Dengan cepat rapatkan jarak dengan lawan tersebut. Saat anda melakukannya, condongkan tubuh ke depan dengan satu kaki sedikit di depan kaki lainnya. Bungkukkan badan sedikit dengan lutut ditekukkan dan rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan. Dari posisi ini anda dapat bereaksi dengan cepat terhadap gerakan atau perubahan arah lawan yang tiba-tiba. Rebut bola dengan membloknya menggunakan inside of the foot. Tempatkan kaki anda menyamping dan tetap kuat saat anda menggerakkan ke arah bola. Saat mentackle, anda harus menendang bola bukan lawan. Jika wasit menilai anda sengaja menendang lawan, anda akan dikenakan hukuman pelanggaran.

 

Poke Tackle

Gunakan poke tackle saat anda mendekati lawan dari samping atau sedikit di belakng. Saat anda mendekati lawan, gapailah dengan kaki anda, julurkan dan sodok bola dengan jari kaki anda. Ingat, anda harus menendang lawan saat mencoba melepaskan bola merupakan suatu pelanggaran.

 

Slide Tackle

Slide tackle biasanya digunakan pada saat-saat terakhir dimana lawan berhasil mengalahkan anda saat dribble dan hanya terdapat sedikit kemungkinan untuk menyusulnya. Pada saat itu, satu-satunya tindakan anda adalah meluncur dan menendang bola ke arah mana saja.
Anda akan lebih sering menggunakan slide tackle saat mendekati lawan dari belakang. Tekniknya hampir sama dengan pemain basball yang menerobos pangkalan. Keluarkan kaki anda saat mendekati bola dan luncurkan tubuh ke samping ke posisi yang sedikit lebih maju dari lawan. Pada saat yang bersamaan, sentakkan kaki anda dan tendang bola menjauh dengan menggunakan kura-kura kaki. Jangan terlalu sering menggunakan slide tackle. Karena anda harus mengeluarkan kaki untuk menghadang bola, anda akan berada dalam posisi yang lemah untuk mengejar tackle yang gagal.

Tinggalkan komentar